Cara Pasang LNB KU Band di Dish Indovision

Popularitas Ninmedia dan banyaknya channel FTA di satelit KU band beberapa tahun belakangan ini, membuat semua orang ingin mencoba menangkap sinyal TV satelit gratis lewat parabola bekas.  Cuma, timbul masalah ketika dish atau piringan parabola bekas yang dipakai adalah ex Indovision, OkeVision atau TopTV.  Kenapa? Sebab bentuk mounting atau tiang LNB-nya sedikit berbeda dan sulit dipasangi bracket LNB Ku band tanpa modifikasi.

Tapi bukan tidak mungkin memasang LNB Ku band di dish Indovision.  Karena banyak rekan-rekan tracker satelit yang bisa menangkap sinyal Ninmedia, Garmedia, SMV FreeToView atau Matrix NexGaruda dengan dish bekas paytv yang sekarang bernama MNC Vision tersebut.

Dengan sedikit kreasi, memasang LNB Ku band di dish Indovision bisa dikatakan cukup mudah.  Kita bisa memanfaatkan bracket LNB Ku band standar atau tanpa menggunakan braket sama sekali.

Cara 1: Pasang LNB KU Band Dish Indovision Tanpa Braket

Untuk pemasangan LNB KU di dish ex Indovision tanpa braket, kita memerlukan beberapa peralatan sederhana.  Berikut ini peralatan yang harus disiapkan:

  • Baut ukuran kunci 12 beserta mur-nya.
  • Bor atau pisau untuk melubangi LNB
  • Obeng minus untuk membuka cangkang LNB

Langkah-langkah:

cara pasang LNB KU Band di dish Indovision
cara pasang LNB KU Band di dish Indovision
  1. Lubangi bagian belakang LNB Ku band dengan Bor atau pisau tajam.  Buat seukuran baut 12 yang sudah disediakan.
  2. Buka cangkang plastik LNB
  3. Letakkan baut di dalam LNB seperti gambar di atas.
  4. Tutup kembali cangkang plastik LNB
  5. Pasang LNB ke tiang mounting di dish Indovision.

Kelebihan cara ini adalah lebih hemat karena tanpa perlu membeli braket LNB Ku.  Kemudian posisi LNB bisa benar-benar ada di titik fokus, persis seperti ketika dish menggunakan LNB tipe S-Band milik Indovision.  Hanya saja kedalaman LNB-nya tidak bisa diatur.

Kekurangannya, kita harus mengebor atau melubangi dan harus seukuran baut.  Selain itu juga, jika salah menempatkan posisi LNB, maka rentan kemasukan air jika hujan.  Sebaiknya diberi tutup agar tidak ada air masuk (memperkecil kemungkinan).

Cara 2: Pasang LNB Ku Band di Dish Indovision Menggunakan Braket

Pasang LNB Ku Band di Dish Indovision pakai Braket
Pasang LNB Ku Band di Dish Indovision pakai Braket

Cara kedua ini cukup praktis dan tidak perlu banyak peralatan, cukup siapkan obeng, lakban dan braket LNB KU.  Harga bracket LNB biasanya sekitar 10 ribu rupiah, tergantung lokasi.

Langkah-langkah:

  1. Pasang LNB ke bracket menggunakan obeng.
  2. Ikat bracket LNB ke tiang fokus Dish Indovision menggunakan lakban atau bisa juga diikat dengan kabel ties.

Kekurangan  cara ini adalah selain tentunya harus membeli bracket LNB, posisi LNB jadi sedikit bergeser ke atas.  Tidak benar-benar berada di titik fokus.  Tapi mengingat signal satelit KU Band yang bisa ditangkap di Indonesia cukup kuat, ini tidak jadi masalah yang berarti.  Intensitas sinyal mungkin hanya menurun beberapa persen saja dan tidak mempengaruhi kualitas gambar (tidak sampai cekot-cekot).

Video Cara Pasang LNB Ku Band di Dish Indovision


Berikan Komentar

Memuat komentar..