Apa Itu Pairing Receiver Ninmedia? Kenapa Harus Pairing?

Semenjak hadirnya receiver rekomendasi, Ninmedia terus memperbarui layanan tv satelit gratisnya.  Jika sebelumnya receiver rekomendasi ini bisa jadi solusi untuk permasalahan channel yang suaranya cekot-cekot, maka setelah transponder 2 muncul receiver khusus Ninmedia ini memberi kelebihan lain.

Beberapa di antaranya adalah receiver khusus rekomendasi tersbut bisa digunakan untuk membuka siaran premium.  Tapi syaratnya, receiver sudah dipairing dengan aplikasi X-Media dan melakukan aktivasi paket siaran.  Lalu, apa sebenarnya pairing receiver itu? Dan apa gunanya?

Pengertian Pairing Receiver Parabola

Dari namanya, sebutan pairing yang dalam bahasa Inggris berarti menjadikan pasangan atau menjodohkan pasti kita sudah bisa menebak apa tujuannya.  Secara teknis pairing ini adalah proses mendaftarkan ID (identitas) receiver ke server milik pengelola tv satelit.  Atau sederhana, fungsinya mirip dengan kartu tayang yang ada di beberapa paytv.

Rekomendasi
Buka Acakan Zee Bioskop

Kenapa harus dilakukan pairing?  Sebetulnya proses pairing ini biasanya digunakan oleh provider paytv untuk menutupi kelemahan sistem kartu tayang.  Seperti yang kita tahu, penggunaan kartu seringkali dimanfaatkan oleh beberapa oknum untuk melakukan card sharing atau teknik cccam atau “tiket fly”.  Nah, dengan mendaftarkan ID unik receiver maka provider tv satelit bisa dengan mudah memblokir (mengacak) tayangan jika ternyata diakses dari receiver yang tidak terdaftar.

Sekedar Opini

Tapi di kasus Ninmedia ini kita belum tahu sebenarnya untuk apa tujuannya.  Karena dalam hal ini Ninmedia bersifat FTA yang rasanya tidak ada masalah kalaupun channelnya diakses dari receiver yang tidak terdaftar.  Lagi pula paket channel yang ada di aplikasi X-Media tidak dibanderoli harga untuk aktivasinya.

Kami sedikit berspekulasi, meskipun sekarang harga paket channel di X-Media milik ninmedia tersebut masih gratis, mungkin ini hanya selama masa promo saja.  Bisa jadi suatu saat nanti customer Ninmedia harus membayar untuk mengaktifkan paket channel premium di Ninmedia.

Mungkin ini bagian dari strategi pemasaran Ninmedia, di mana terjadi dualisme sistem.  Sistem FTA yang memang diusung dari awal tetap dipertahankan, namun juga menghadirkan channel premium yang mesti membayar lisensi kepada pemilik channelnya.  Sehingga jangan kaget jika suatu saat nanti sebagian channel Ninmedia (mungkin) akan berbayar.

Tapi ini hanya sekedar opini, yang sebelumnya baru kami sadari setelah membaca sebuah postingan di blog seorang forsater.  Bisa saja benar, bisa saja salah.  Tapi semoga kedepannya jika memungkinkan tetap selalu gratis paketannya hehe… 😛