Di Mana Posisi Satelit Telkom 4 dan Bagaimana Cara Trackingnya?

Satelit Telkom 4 yang juga punya julukan “Satelit Merah Putih” merupakan satelit baru milik Indonesia yang diluncurkan tahun 2018.  Satelit ini adalah pengganti dari Satelit Telkom 1 yang mengalami gangguan dan kemudian digantikan perannya sementara oleh Telkom 3S.

Jadi, sebetulnya Telkom 3S pada awalnya bukan ditujukan untuk keperluan siaran televisi satelit. Karena Telkom 4 lah yang punya tugas tersebut namun pada waktu Telkom 1 mengalami gangguan, satelit ini belum diluncurkan ke orbit.

Posisi Telkom 4

Mengingat Satelit Merah Putih atau Telkom 3 ini adalah satelit untuk tv broadcasting, maka satelit mania atau para pemirsa tv parabola mesti tahu tentang posisi satelit ini.   Dan tentu saja juga bagaimana cara trackingnya supaya bisa menikmati siaran channel-channel TVnya.  Sebab, nantinya di Telkom 3S kemungkinan besar tidak akan ada lagi channel TV jika Telkom 4 sudah beroperasi penuh.

Satelit Telkom 4 menempati orbit geostasioner 108.0 °E.  Posisi ini dulunya ditempati oleh Telkom 1.  Silakan lihat gambar peta posisi satelit Telkom 4, Palapa D dan Telkom 3 S di atas.

Cara Tracking Telkom 4

Tracking Telkom 4 Dengan Positioner

Bagi anda yang menggunakan parabola ber-penggerak atau positioner+actuator, maka untuk mengunci/lock satelit Telkom 4 bisa dilakukan dengan sangat mudah.  Berikut ini caranya:

  1. Tambahkan Satelit Baru di Receiver, sesuai data posisi Telkom 4 di atas.
  2. Masukkan frekuensi transponder serta symbol rate dan polarity Telkom 4.  Untuk daftar frekuensi yang bisa digunakan silakan baca di sini.
  3. Gunakan remote actuator untuk menggerakkan parabola.   Anda bisa memulai dengan posisi awal di Palapa D, kemudian gerakkan ke arah barat sampai signal quality di dapat.
  4. Setelah ter-lock,  silakan lakukan blind scan untuk memperoleh semua transpondernya.

Tracking Telkom 4 digabung Palapa D

Jika anda yang menggunakan 2 LNB untuk Palapa D dan Telkom 3S, maka anda cukup merubah posisi parabola supaya mengarah ke Palapa D dan Telkom 4.

Kita tidak perlu merubah jarak LNB, kenapa? Sebab jika dilihat di peta, jarak posisi Telkom 4 ke Palapa D hampir sama dengan jarak Palapa D ke Telkom 3S.  Hanya saja posisinya terbalik.

Jadi kita hanya perlu merubah settingan LNB di receiver saja.  Contohnya:

  • Posisi awal:  LNB no. 1 Telkom 3S,  LNB no. 2 Palapa D.  Di pengaturan receiver cukup kita rubah menjadi LNB no. 1 Palapa D dan LNB no.2 Telkom 4.  Begitu juga sebaliknya.
  • Jadi pengaturan ini hanya merubah settingan Diseqc -nya saja (jika menggunakan diseqc switch).

Langkah-langkah tracking Duet Palapa D – Telkom 4

Jika settingan diseqc sudah dirubah, maka kita tinggal menggerakkan payung parabolanya.  Silakan anda tentukan satelit mana yang jadi patokan.  Misalkan, yang jadi patokan adalah Palapa D maka pantau sinyal palapa D di monitor / TV.

Gerakkan parabola perlahan-lahan ke arah barat sampai mendapatkan sinyal maksimal untuk Palapa D.  Pastikan kekuantan sinyal yang didapat stabil alias tidak naik-turun atau loncat-loncat.

Jika sinyal semua transponder sudah maksimal di Palapa D, secara otomatis posisi Telkom 4 juga sudah pas.  Kita hanya perlu melakukan blind scan atau scan buta untuk mendapatkan semua transponder Telkom 4.  Atau jika receiver yang digunakan tidak mempunyai fitur scan buta, silakan masukkan secara manual semua frekuensi Telkom 4.  Datanya bisa dilihat di sini.


Berikan Komentar

Memuat komentar..