Cara Mudah Menggabungkan Ninmedia dan Garmedia KVision (Measat 3)

Hadirnya transponder FTA di satelit Measat 3 Ku Band membuat banyak tracker parabola beramai-ramai menggabungkan provider yang diidentifikasi sebagai Garmedia itu dengan Ninmedia.  Tak salah memang banyak tracker berburu 2 satelit ini, sebab selain agar channel bertambah juga jarak kedua satelit ini cukup berdekatan.  Itulah sebabnya sangat mungkin, bahkan relatif mudah menjadikan Ninmedia dan Garmedia sepiring berdua.

Belum lagi di Ninmedia ada transponder baru sejak 17 Agustus 2018 yang membuat jumlah channel bertambah dan semakin beragam siarannya.

Ninmedia yang berada di satelit Chinasat 11 di koordinat 98o E berjarak sangat dekat dengan Measat 3 (3/3A/3B) di koordinat 91,5oE.  Sebelumnya Measat 3 hanya berisi transponder dari K-Vision, Transvision, dan Astro Malaysia yang semuanya diacak dan harus dibuka dengan berlangganan.

Menggabungkan Ninmedia dan Measat 3

Untuk bisa menggabungkan siaran channel Chinasat 11 dan Measat dalam 1 dish parabola bisa dilakukan dengan sangat mudah.  Cukup bermodalkan 2 buah LNB KU-band, dish parabola mini, diseqc switch, dan tentu sedikit kesabaran serta kreatifitas.

Cara tracking Ninmedia dan Garmedia dalam satu dish

Pertama pastikan anda sudah mempunyai keahlian atau pemahaman tracking.  Lakukan tracking satelit Chinasat 11 atau Ninmedia.  Jadikan Ninmedia sebagai fokus utamanya, karena ini jauh lebih mudah.  Pastikan sudah ter-lock signal semua transponder Chinasat 11 tersebut.

Setelah Ninmedia ter-lock, sekarang tinggal pindah tracking Measat 3.  Masukkan transponder Garmedia 12436 H 31000 atau transponder lainnya seperti Transvision atau K-Vision yang sinyalnya kuat di seluruh wilayah Indonesia.

Siapkan LNB KU kedua dan pasangkan ke receiver, tapi jangan dulu menggunakan diseqc.  Kenapa? untuk menghindari interferensi sinyal dari port diseqc lain atau mengantisipasi diseqc yang lemah / rusak.

Posisikan LNB kedua ini di atas LNB Ninmedia dengan posisi sedikit serong ke utara ( lokasi tracking di selatan khatulistiwa, Lampung, Jawa, Bali dll).  Jaraknya antara 4 – 10 cm, tergantung lokasi tracking.  Gerak-gerakkan LNB Measat 3 ini sambil memantau SQ ( Signal Quality ) di receiver.

Posisi LNB sepiring berdua measat dan ninmedia
Poisi LNB ninmedia dan measat 3 dalam 1 dish offset

Setelah dapat sinyal Measat yang maksimal, ingat-ingat posisi dan jarak LNBnya kemudian buat bracket dudukan LNB-nya.  Bracket LNB ini bisa dibuat memakai plat besi / kaleng, besi siku, kawat yang agak kaku atau peralatan lain yang memungkinkan.  Tergantung kreasi masing-masing.

Kalau bracket dudukan LNB sudah siap, tinggal pasangkan LNB di parabola memakai braket yang sudah dibuat.  Kencangkan dengan tali ties atau diikat kawat, dan pastikan posisi kuat.  Pastikan juga kualitas sinyal masih tetap kuat.  Jangan lupa scan atau blind scan untuk mendapatkan siaran tv-nya.

Ketika semuanya oke, lanjut dengan pemasangan diseqc switch untuk menggabungkan kedua LNB tersebut ke receiver.  Dan sekarang, anda bisa menonton siaran tv dari Ninmedia dan Measat 3 atau Garmedia dengan satu dish parabola offset.

Rekomendasi
Receiver Khusus Ninmedia

Cara Praktis

Menggabungkan 2 satelit dalam 1 dish parabola mini bisa dikatakan sedikit merepotkan.  Kebanyakan kasus gagal disebabkan karena salah satunya harus membuat bracket atau dudukan LNB tambahan yang harus pas dan presisi.

Tapi ada cara yang lebih mudah.  Apa itu? Panggil teknisi parabola haha.. 😀 becanda 😛  Buat yang hobi tracking pasti berusaha harus bisa dilakukan sendiri. Cara praktisnya yaitu menggunakan twin LNB atau LNB kembaran.

Pemasangan LNB Twin Ninmedia gabung Measat 3
Pemasangan LNB Twin Ninmedia gabung Measat 3

Kalau umumnya LNB kembar itu berjenis C band untuk parabola besar, dan biasa dipakai tracking satelit Palapa D dan Telkom, LNB kembar ini berbeda.  Twin LNB ini berjenis KU band yang sengaja diproduksi untuk tracking sepiring berdua di dish mini atau dish offset, khususnya Ninmedia dan Measat 3.

Setahu kami, di pasaran ada dua merk LNB Ku band twin 2 in 1 ini.   Merk K-Vision dan LGSat, walaupun sepertinya keduanya dari pabrikan yang sama.

Berikut ini penampakannnya:

LNB Twin KU Band Chinasat 11 Measat Mono Block merk K-Vision

Twin LNB kembar KVision Ninmedia
Harga: Rp 88.000

LNB Twin KU Band Chinasat 11 Measat merk LGSAT

lnb kembar ku band untuk ninmedia dan measat
Harga: Rp 85.000

Kedua merk twin LNB ku band ini bisa distel atau diatur jaraknya dengan mudah sehingga tidak perlu lagi braket LNB tambahan.  Cukup pasang LNB di bracket yang tersedia di dish offset, setelah sinyal LNB fokus terlock,  baru setelah itu atur jarak dan posisi LNB satunya agar signal satelit kedua ter-lock dengan baik.

Receiver Rekomendasi

Meskipun channel dari Gardiner TV di Measat 3 bisa di-lock dan ditampilkan dengan baik tanpa sendat-sendat, tapi ada receiver khusus yang direkomendasikan untuk transponder ini.  Yaitu receiver bawaan K-Vision dan juga Gardiner Oracle HD.

Menurut kami, sebaiknya gunakan Gardiner Oracle saja.  Mengingat receiver ini juga merupakan salah satu receiver resmi rekomendasi Ninmedia.  Sehingga jika menggunakan receiver ini, diharapkan seluruh channel di dua provider FTA tersebut bisa ditangkap dengan baik tanpa sendat, baik di Ninmedia ataupun Measat.

Gardiner Oracle receiver ninmedia dan garmedia
Harga kisaran : Rp 260.000-an * tergantung lokasi

Demikianlah tentang cara tracking sepiring berdua Ninmedia dan Measat 3 dalam satu dish offset.  Mudah-mudahan bermanfaat.


Berikan Komentar

Memuat komentar..