Ini Penyebab Heboh Trans 7 Hilang di Telkom 3S

Di awal tahun 2019, ada yang heboh di kalangan pemirsa tv parabola.  Siaran Trans 7 hilang dari satelit Telkom 3S.  Dan ternyata imbasnya juga dirasakan oleh pengguna parabola mini Ninmedia yang mengalami hal serupa, channel Trans 7 gangguan dan siarannya gelap.

Nah, usut punya usut ternyata problem Trans 7 gelap di awal Januari 2019 ini bukan karena gangguan teknis.  Kami menelusur sejumlah sumber yang memberi kesimpulan bahwa ini ada kaitannya dengan resminya Satelit Merah Putih atau Telkom 4 mengudara.

Perlu diketahui, satelit Telkom 4 adalah pengganti resmi dari Telkom 1 yang sempat error atau terjadi anomali di tahun 2017.  Sedangkan Telkom 3S adalah hanya jadi pengganti sementara karena pada waktu Telkom 1 error, satelit penggantinya yaitu Telkom 4 belum diluncurkan ke orbit.

Trans 7 Pindah ke Telkom 4

Dari cuitan di akun Twitter resminya, pihak Trans 7 pada 6 Januari 2019  menginformasikan bahwa akan ada perubahan siaran channel tersebut dari satelit Telkom 3S ke Telkom 4.

Trans 7 PIndah Ke Telkom 4
Cuitan akun resmi Trans 7 tentang perpindahan siaran dari Telkom 3S ke Telkom 4

Perubahan ini mulai berlaku sejak 7 Januari, sehingga channel tersebut resmi hilang dari transponder di Telkom 3S.  Bagi rekan tracker atau pengguna yang ingin mengarahkan ulang atau re-pointing parabolanya ke satelit Merah Putih, silakan cek frekuesni Trans 7 terbaru atau update-an daftar frekuensi TP Telkom 4.

Rekomendasi
Frekuensi Trans 7 terbaru

Migrasi Transponder ke Telkom 4

Meski belum ada informasi resmi dari pihak pengelola satelit Telkom, namun di sejumlah grup tracker parabola ada kabar yang beredar bahwa semua transponder Telkom 3S akan pindah ke Satelit Merah Putih atau Telkom 4.

Tidak ada salahnya memang, mengingat secara resmi Telkom 3S sejak awal diluncurkan bukan ditujukan untuk menggantikan Telkom 1.  Satelit ini digunakan karena “darurat” sebab ketika Telkom 1 mengalami gangguan atau anomali, Telkom 4 sebagai satelit pengganti belum diluncurkan di orbitnya.

Selain itu juga, dari sisi orbit Telkom 4 menempati orbit yang sama dengan pendahulunya Telkom 1.

Dampak Bagi Pengguna Parabola

Dampak bagi pengguna parabola tentu bervariasi.  Bagi pemilik parabola besar duet PalKom (Palapa Telkom -red), maka solusinya bisa mengarahkan ulang parabolanya menjadi Palapa D – Telkom 4.  Tapi sebaiknya menunggu beberapa waktu, mengingat sekarang di Telkom 4 baru ada sedikit TP dan channel tv yang aktif.

Khusus Trans 7, sekarang masih ada alternatif di Palapa D yang merupakan TP milik Matrix Garuda yang masih FTA.  Walaupun mungkin cuma sementara FTA-nya.

Dampak Bagi Tracker / Satelit Mania

Bagi Tracker apalagi yang membuka jasa setting atau penjualan parabola, maka bisa dipastikan pindahnya channel dari Telkom 3S ke Telkom 4 bisa membawa berkah tersendiri.  Sebab bisa dipastikan akan ada banyak order untuk re-pointing atau tracking ulang parabola.  Karena tidak semua orang bisa menyeting sendiri parabolanya.

Kita tunggu saja perkembangan dari perpindahan channel dari kedua satelit ini.  🙂