Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Ganti Pakai HP 4G Sekarang

Masih pakai smartphone lama berteknologi 3G? Mungkin sekarang waktu yang tepat buat kamu untuk ganti ponsel pintar terbaru yang support jaringan generasi ke empat atau 4G. Ada banyak alasan yang jadi pertimbangan kenapa pengguna ponsel pintar harus meng-upgrade handset-nya.  Tapi sebelum itu, kita kupas dulu apa sebenarnya jaringan 4G atau LTE ini, dan apa kelebihan yang ditawarkannya?

Kecepatan Koneksi 4G

Fourth generation technology atau 4G yang digunakan di Indonesia mengadopsi teknologi Long Term Evolution atau LTE.  Itulah sebabnya untuk menyebut teknologi seluler ini sering digunakan istilah 4G LTE.

Teknologi ini dirancang untuk menyediakan efisiensi spektrum yang lebih baik, kapasitas, serta pita lebar nirkabel yang berkualitas tinggi.  Ini yang membuat teknologi 4G punya kecepatan beberapa kali lebih cepat dibandingkan teknologi 3G, HSPA, dan lainnya.

Berkat kecepatan koneksi di jaringan 4G, kamu bisa mendownload file berukuran 5MB seperti musik atau video dalam waktu 5 detik atau kurang.  Semua terasa lebih cepat dan stabil, baik download dan upload, terutama jika sebelumnya terbiasa dengan jaringan yang lambat.

Kenapa Harus Pindah ke 4G?

Ada beberapa alasan kenapa pengguna ponsel pintar yang masih dengan perangkat lama 3G harus mempertimbangkan untuk ganti ke hp 4G.  Kita simak langusng saja.

1. Kecepatan, Kecepatan, Kecepatan

Kecepatan jaringan 4G LTE
Kecepatan jaringan 4G LTE. via pincha.com.tw

Ini adalah alasan yang paling pertama dan paling krusial buat pengguna smartphone mana pun.  Kecepatan koneksi internet sekarang ini jadi barang wajib buat pengguna smartphone.  Apalagi kalau kamu termasuk yang rajin update di sosial media, sering nonton streaming di Youtube, atau pemilik bisnis online.

Seperti yang kita tahu dan sudah dibahas di atas, jaringan 4G LTE menawarkan kecepatan yang jauh lebih tinggi, serta lebih stabil.  Kecepatan rata-rata yang ditawarkan banyak operator seluler di jaringan 4G-nya sudah cukup buat kamu nonton iFlix tanpa buffer atau loading lama.

Jadi, kecepatan adalah pertimbangan pertama buat gani hape 4G.

2. Harga Paket Data Lebih Murah

Pilihan paket data kuota internet
Pilihan paket data kuota internet

Ketika kamu membeli kuota paket data, kamu pasti sering melihat pembagian kuota internet berdasarkan jaringannya.  Misal 3GB kuota normal, dan 4GB kuota 4G. Buat pengguna smartphone yang belum 4G, sisa kuota 4GB yang dibeli pasti bakal terbuang percuma alias mubazir.

Walaupun model paket internet seperti ini sekarang sudah sedikit jarang ditawarkan operator, tapi kamu tetap bisa berhemat dengan mengaktifkan jaringan 4G.  Sebab ada banyak sekali promo dan perang tarif operator di jaringan 4G ini, termasuk di antaranya gratis akses beberapa aplikasi populer.

3. Jaringan 4G Semakin Luas

Beruntung buat kamu yang tinggal di daerah perkotaan, khususnya pulau Jawa – Bali dan sebagian Sumatera, Sulawesi serta Kalimantan.  Di wilayah ini penetrasi jaringan 4G LTE sudah cukup baik.  Kamu bisa menikmati internet wireless broadband berkecepatan tinggi di kotamu.

Berikut ini peta jangkauan sinyal 4G beberapa operator besar di Indonesia.

Telkomsel

coverage jaringan 4G telkomsel
Telkomsel 4G. Wilayah dengan warna merah menunjukkan jaringan 4G tersedia.

Indosat Ooredoo

4G coverage Indosat Ooredoo
4G coverage Indosat Ooredoo

Smartfren

4G coverage Smartfren
4G coverage Smartfren

Jaringan 4G XL

coverage 4G XL
coverage 4G XL

4. Smartphone 4G Murah

HP 4G Advan i6
Advan i6, HP 4G murah. via Bukalapak

Di awal munculnya 4G di Indonesia, harga hp 4G bisa dibilang cukup mahal.  Lain halnya sekarang, kamu bisa menemukan banyak hp 4G murah ditawarkan berbagai vendor smartphone.

Sekarang sudah banyak smartphone Android 4G yang dibanderol di bawah 1,5 juta.  Bahkan merk lokal seperti Advan atau Evercoss menawarkan hp 4G di bawah 1 juta yang punya fitur lumayan dan bisa dipakai untuk internetan anti lelet.

Jadi, dengan 4 alasan ini kamu sekarang bisa memutuskan untuk ganti hape lama mu ke hape 4G 🙂


Berikan Komentar

Memuat komentar..