Cara Mengatasi ERR_QUIC_PROTOCOL_ERROR di Google Chrome

ERR_QUIC_PROTOCOL_ERROR – Google Chrome sudah diakui sebagai salah satu browser paling banyak dipakai dan paling terkenal di kalangan pengguna internet.  Termasuk juga di Indonesia, hampir semua orang jika disuruh mengakses situs web akan menggunakan aplikasi peramban buatan Google tersebut.

Tidak mengherankan sebetulnya, sebab tampilan menu yang ringkas, fitur yang lengkap, serta jadi web browser bawaan di semua handphone Android menjadikan browser satu ini nomor satu dalam hal pengguna.  Selain itu, menurut informasi yang beredar Google Chrome masih menjadi browser terbaik dalam menyediakan waktu latensi singkat.

Error ERR_QUIC_PROTOCOL_ERROR

Kadangkala ketika pengguna menelusur internet dengan Google Chrome menemukan masalah error.  Salah satunya yang cukup sering terjadi yaitu error ERR_QUIC_PROTOCOL_ERROR.  Biasanya pesan error yang ditampilkan berbunyi:

This site can’t be reached
The webpage at “https://www.namawebsite.com/” might be temporary down or it may have moved permanently to a new web address.
ERR_QUIC_PROTOCOL_ERROR.

Errror ini biasanya terjadi bukan karena komputer atau handphone yang digunakan bermasalah.  Umumnya error ERR_QUIC_PROTOCOL_ERROR terjadi karena pengaruh atau terjadi perubahan di sisi server.  Misal perubahan nameserver atau routing ip secara tiba-tiba.

Namun meskipun disebabkan dari sisi server, kita masih bisa melakukan upaya agar situs yang akan kita akses bisa terbuka.

Solusi ERR_QUIC_PROTOCOL_ERROR di Chrome

Untuk mengatasi masalah error Quic, kita bisa melakukan beberapa langkah sederhana.  Cara ini sangat mudah dilakukan, terutama di Google Chrome versi komputer.  Tapi juga bisa diterapkan di versi mobile atau handphone.

Langkah-langkah Mengatasi Error

memperbaiki ERR_QUIC_PROTOCOL_ERROR dengan flags
Memperbaiki ERR_QUIC_PROTOCOL_ERROR dengan mendisable flags di Google Chrome
  1. Ketika mengalami masalah seperti di atas, buka tab baru di Google Chrome kamu
  2. Ketik chrome://flags/ di address bar kemudian tekan tombol enter
  3. Gunakan kotak pencarian dan ketik quic.  Maka akan tampil daftar flags Experimental QUIC protocol.
  4. Ubah nilainya dari Default ke Disable.
  5. Tutup tab, dan coba akses kembali situs website yang sebelumnya mengalami error.

Jika semua langkah perbaikan benar, maka website yang sebelumnya muncul error dan tidak bisa dibuka akan kembali dapat diakses.

Proses memperbaiki masalah error quic ini mungkin tidak langsung berhasil.  Kadang-kadang butuh waktu 1-2 menit setelah men-disable flags experimental quic protocol.

Apa Sebenarnya QUIC?

Bagi kamu yang penasaran apa sih sebenarnya QUIC protocol ini?  Kurajin coba kasih info sedikit ya 🙂

Dikutip dari wikipedia, QUIC adalah singkatan dari Quick UDP Internet Connections.  Ini merupakan protokol jaringan transport layer serbaguna yang sebetulnya masih bersifat eksperimental.  Sehingga ketika di tahap solusi di atas, nama flagsnya masih Experimental Quic protocol.

Protokol jaringan ini diciptakan atau didesain oleh salah satu insinyur Google bernama Jim Roskind di tahun 2012.  Tujuan dibuatnya protokol baru ini sebetulnya untuk memberikan penyempurnaan performa terhadap koneksi pada aplikasi web yang menggunakan protocol TCP.  TCP itu apa? nah, kamu bisa searching sendiri ya di Google hehe..

Beberapa browser yang sudah meng-implementasikan atau sudah support protocol QUIC ini di antaranya Google Chrome, Chromium dan juga Opera.  Sementara Firefox, menurut sumber wikipedia belum support.

Nah, semoga informasi ini bermanfaat buat kamu yang mungkin menemukan problem ketika hendak mengakses situs web favoritmu.