Cara Menghindari Jalur Ganjil-Genap Dengan Google Maps

Bagi kamu warga Jabodetabek yang bekerja di kawasan Ibu Kota tentu sudah tak asing lagi dengan istilah Ganjil Genap.  Aturan lalu lintas dimana membatasi kendaraan berdasarkan kecocokan tanggal dan plat nomor polisi tersebut adalah pengganti kebijakan 3 in 1 yang dahulu pernah diberlakukan.

Rekomendasi
Cara top up mtix tanpa kartu kredit

Awalnya wilayah ganjil genap hanya berlaku di ruas jalan protokol yang sebelumnya diberlakukan sistem 3 in 1 saja.  Tapi seiring berjalannya waktu, Pemprov DKI memperluas wilayah pemberlakuan kebjikan Ganjil Genap ini.  Bahkan ketika perhelatan Asian Games di Jakarta bulan Agustus 2018, wilayah ganjil genap sampai ke kawasan Jl. Metro Pondok Indah di Jakarta Selatan.

Cara Menghindari Ganjil-Genap

Nah, perluasan area ganjil genap ini tentunya seringkali membuat pengendara mobil khawatir tidak sengaja masuk ke wilayah tersebut.  Mungkin kamu termasuk salah satu di antaranya.

Kali ini Kurajin akan berbagi sedikit tips buat kamu yang tidak tahu wilayah ganjil genap dan takut tanpa sengaja masuk wilayah tersebut.

Caranya mudah, kamu bisa manfaatkan aplikasi navigasi di smartphone-mu yaitu Google Maps untuk menghindari ruas-ruas jalan ganjil genap di Jakarta.  Tapi sebelumnya, pastikan dulu aplikasi Google Maps mu sudah di-update ke versi yang paling baru.  Kalau belum, silakan diupdate dulu ya 🙂

Google Maps – Navigate & Explore
Get it on Google Play

Mengatur Rute di Google Maps

Cara menghindari Ganjil Genap dengan Google Maps
Cara menghindari Ganjil Genap dengan Google Maps

Untuk mengatur rute perjalananmu di Google Maps, sambil menghindari lokasi jalan ganjil genap silakan ikuti langkah simple berikut.

  1. Buka aplikasi Google Maps kamu
  2. Ketik lokasi tujuan di kotak pencarian seperti biasa
  3. Setelah lokasi ditemukan, klik tombol “Direction” atau “Petunjuk Arah”
  4. Sebelum meng-klik tombol “Mulai”, pilih menu “Avoiding odd / even plate roads” atau “Menghindari jalan khusus pelat nomor ganjil / genap”
  5. Pada dialog options yang terbuka, centang salah satu sesuai dengan pelat mobilmu. Pilih “Anda memiliki pelat nomor genap” jika plat nopolmu genap, begitu pula sebaliknya untuk plat ganjil.
  6. Klik “Done” atau “Selesai”
  7. Kamu bisa langsung klik “Start” atau “Mulai” untuk memulai perjalanan.

Dengan cara sederhana di atas, kamu tak perlu khawatir lagi ketika bepergian di tanggal ganjil dengan mobil plat genap atau sebaliknya.  Aplikasi Google Maps akan membantu kamu melalui jalan alternatif ganjil genap sekaligus menghindari  kemacetan.

Akhir Kata, semoga tips ini bermanfaat.  Baca terus tips-tips dan informasi terbaru dari Kurajin.  Jangan lupa share dan komen kalau kamu rasa tulisan ini bermanfaat.