Perbandingan tampilan Google Webmaster lama dan baru

Tampilan Baru Google Search Console, Ada Apa Saja?

Di awal bulan September ini, tampilan default Google Search Console atau dikenal juga Google Webmaster Tool berubah.  Dashboard yang lebih modern, terstruktur, dan mengadopsi Material Design tentu adalah hal yang paling menonjol dari perubahan tampilan ini.

Tampilan Google Search Console ini sebetulnya tidak sepenuhnya “baru” bagi sebagian besar webmaster.  Kita ingat, di bulan-bulan sebelumnya jika ada pesan error terkait halaman AMP, maka kita akan disuguhkan tampilan yang sekarang ada di Search Console yang baru.

Namun yang membuatnya wow adalah tampilan yang dulu hanya bisa dilihat saat mem-validate error fixing, kini jadi tampilan default.  Begitu login ke Google Webmaster atau Search Console ini, maka langsung ter-redirect ke dashboar versi baru.

Lalu apa saja sebenarnya yang baru di Search Console milik mbah Google ini?  Kita simak satu per satu di bawah ini.

Konten Overview Dashboard Baru

Tampil Google Search Console Lama
Tampilan versi lama Google Search Console

Di versi lama, ketika kita login ke webmaster Google maka yang tampil adalah ringkasan atau overview yang berisi informasi Crawl Errors, Search Analytics, dan Sitemaps.

Di versi terbaru ada sedikit perbedaan, kita akan disuguhkan info card berisi Performance, Coverage, dan Enhancements.  Di bagian Performance ini sebetulnya isinya sama dengan Search Analytics di Webmaster versi lama.

Sedangkan untuk Coverage, berisi tentang status index halaman website.  Apakah ada error, valid dengan peringatan, valid atau dikecualikan dari index. Fitur ini mirip dengan Crawl Errors di Webmaster lama dengan option yang lebih detail. Untuk melihat rinciannya, kita bisa langsung mengklik menu Open Report di bagian atas kanan masing-masing card.

Rekomendasi
Tomu Single Board Computer Lebih Kecil Dari Raspberry Pie

Di bagian Enhancements, kita bisa mengecek berapa banyak halaman yang valid atau error untuk Mobile Usability serta versi AMP.  Google memang terlihat menaruh perhatian lebih pada perangkat mobile, sehingga  Search Console baru, isu terkait mobile friendliness ini tampil di halaman depan.

Tampilan Google Search Console Baru
Tampilan Google Search Console Baru

Tidak Ada Menu Fetch As Google

Di versi lama Google Webmaster, ada menu Fetch as Google.  Menu ini biasanya sering dipakai untuk memberitahu Google Bot tentang sebuah halaman dan kemudian kita bisa me-request agar halaman tersebut dimasukkan ke index.  Menu ini juga biasa digunakan untuk men-submit ulang suatu halaman web setelah dilakukan perubahaan konten agar halaman versi terbaru segera masuk ke index.

Menu Fetch as Google di Webmaster lama
Menu Fetch as Google di Webmaster lama

Untuk versi Google Search Console baru tidak ada menu khusus seperti ini.  Namun sebagai penggantinya, kita bisa menggunakan menu URL inspection atau langsung mengetikkan url ke box “Inspect any URL“, kemudian tekan enter.  Kita bisa request indexing secara langsung setelah proses inspect selesai.

Menu Inspect URL di Webmaster baru
Menu Inspect URL di Webmaster baru

Menu Structured Data, Rich Cards, Data Highlighter Hilang

Di webmaster versi baru, kita tidak akan menemukan menu Structured Data, Rich Cards dan Data Highlighter.  Entah fitur ini untuk sementara tidak tersedia, atau memang saya belum menemukannya 🙂

Menu ini yang belum saya temukan di google search console baru
Menu ini yang belum saya temukan di search console baru

Robot.txt Tester

Inspect URL Google webmaster baru
Robot.txt tester hilang, gantinya ada URL Inspection

Lagi-lagi ada menu yang hilang di Google Search Console versi baru.  Dulu di versi lama, ada menu robot.txt tester yang berfungsi untuk mengetes apakah suatu halaman bisa di-crawl oleh Google bot atau tidak.

Di versi terbaru, fitur ini tidak ada secara khusus.  Namun kita masih bisa menggunakan fitur Inspect URL.  Fitur inspect ini bisa dibilang multifungsi dan merupuakan substitusi dari banyak fitur di search console lama yang berkaitan dengan index halaman.

Menu Lebih Ringkas

Meskipun dengan tata letak menu yang hampir mirip yaitu berlokasi di sidebar atau side panel, akan tetapi tampilan menu di Webmaster versi baru lebih ringkas.  Dengan penamaan menu yang sedikit berbeda juga, menurut saya pribadi tampilan baru ini lebih mudah untuk navigasi.

Kesimpulan

Google Search Console versi baru memang memberikan banyak perubahan.  Di versi ini, Google sepertinya ingin mempermudah para pemilik web atau blogger untuk menganalisis kesehatan situs mereka.  Selain itu, Google terlihat sangat fokus dan memprioritaskan isu terkait mobile usablity sehingga ini juga harus menjadi perhatian bagi kita.

Apa-apa yang baru memang seringkali memerlukan banyak penyesuaian dan adaptasi, namun menurut saya pribadi fitur, layout, dan tampilan Google Webmaster versi baru ini lebih nyaman digunakan.  Bagaimana menurut anda?