Tomu, Komputer Mini Seukuran Jempol Lebih Kecil Dari Raspberry Pie

Kalau kamu anak IT pasti sudah tidak asing lagi dengan Single Board Computer semacam Raspberry Pie atau Orange Pie.  Ya, Raspberry Pie dan merk lainnya sudah bisa dibilang cukup kecil untuk sebuah komputer.  Besarnya bisa disebandingkan dengan kartu ATM yang ada di dompetmu.

Tapi tahukah kamu, Tomu adalah single board computer paling kecil saat ini.  Namanya mungkin tidak seterkenal Raspberry Pie, khususnya di Indonesia.  Tapi papan sirkuit seukuran ibu jari ini betul-betul komputer mini yang bekerja dengan ditenagai prosesor ARM.

Lebih Mirip Arduino

Tomu Single Board Computer Lebih Kecil Dari Raspberry Pie
Tomu Single Board Computer Lebih Kecil Dari Koin. Via TechCrunch

Meski merupakan Single Board Computer, Tomu tidak bisa disejajarkan dengan Raspberry Pie dan Orange Pie.  Ukurannya yang kecil, tidak memungkinkan untuk penggunaan komputasi seperti yang mampu dilakukan Raspberry Pie. Tomu agak mirip Arduino dengan beberapa perbedaan kemampuan dan kelebihan.

Tomu bekerja menggunakan Silicon Labs Happy Gecko EFM32HG309 yang merupakan 32 bit microcontroller dengan USB power drain paling rendah sehingga memungkinkan daya tahan baterai lebih lama.  Microcontroller ini dibuat berdasarkan teknologi ARM® Cortex®-M0+ core yang powerful dengan konsumsi eneri yang lebih hemat.

Tomu Open Source

Tomu bisa digunakan sebagai Universal 2nd Factor security token.  Contoh source code-nya bisa dipelajari di halaman Github-nya.

Program Tomu sangat sederhana, bagaimana pun juga ukuran kecilnya serta keterbatasan opsi I/O yang ditawarkan membuat Tomu tidak seperti layaknya komputer seutuhnya.  Itulah sebabnya, jangan bandingkan Tomu dengan kemampuan Raspberry Pie dan Orange Pie yang bisa berfungsi seperti komputer desktop.

Tapi kalau kamu suka dengan peralatan microcontroller, atau sering mengerjakan project yang berhubungan dengan micocontroller dan single board computer, Tomu layak kamu coba.

Harga jualnya saat ini $30 atau sekitar 350 ribuan.  Masih relatif mahal kalau dibandingkan Orange Pie dan Raspberry Pie dari sisi kemampuannya.

Kalau kamu beli Tomu, hati-hati.  Ukurannya sangat kecil, sangat-sangat memungkinkan terselip, hilang atau tidak sengaja terbuang.


Berikan Komentar

Memuat komentar..