Apa Perbedaan Kualitatif dan Kuantitatif? Ini Penjelasannya

Seringkali kita dengar istilah kualitatif dan kuantitatif.  Namun tahukah anda apa pengertian kedua istilah tersebut? Dan apa perbedaan dari keduanya?

Sebenarnya, dengan merujuk ke kata dasar dari dua istilah ini kita bisa mempunyai sedikit gambaran makna istilah statistik ini.  Secara sederhana, arti kualitatif berfokus dan berhubungan dengan kualias atau mutu.  Sedangkan kuantitatif berhubungan dengan kuantitas atau jumlah bilangan.

Dua istilah ini paling sering digunakan dalam pembahasan Statistik.  Misalnya pada “Penelitian Kuantitatif“, atau “Penelitian Kualitatif“.

Definisi Metode Kualitatif dan Kuantitatif

Pada dasarnya dalam sebuah penelitian, kedua metode ini sangat berguna dan sering digunakan.  Baik secara bergantian maupun digunakan bersamaan.  Untuk memahami definisi kuantitatif dan kualitatif, berikut ini kami kutipkan dari berbagai sumber tentang makna istilah ilmiah ini.

Pengertian Metode Penelitan Kualitatif

Metode penelitian kualitatif adalah sebuah metode yang digunakan dengan memfokuskan pada pemahaman yang bersifat deskriptif.  Biasanya akan cenderung menggunakan analisis.

Seperti kaitannya dengan makna kata “kualitas“, maka kualitatif berfokus pada kualitas dengan menonjolkan proses dan makna perspektif subjek.  Hal ini agar dapat memberikan gambaran jelas dan sesuai fakta di lapangan.

Pengertian Metode Penelitian Kuantitatif

Penelitian kuantitatif adalah penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungan-hubungannya. Tujuan penelitian kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan model-model matematis, teori-teori dan/atau hipotesis yang berkaitan dengan fenomena alam.

Proses pengukuran adalah bagian yang sentral dalam penelitian kuantitatif karena hal ini memberikan hubungan yang fundamental antara pengamatan empiris dan ekspresi matematis dari hubungan-hubungan kuantitatif. [wikipedia]

Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Dari penjelasan dan definisi masing-masing istilah di atas, kita bisa menarik kesimpulan .  Keduanya bisa diguanakan dalam penelitan atau riset ilmiah yang berguna.

Perbedaan mendasar dari kedua metode penelitian ini adalah dalam penelitian kuantitatif, penelitian berangkat dari teori menuju data.  Sedangkan pada kualitatif, penelitian dilakukan dengan dasar data yang dimiliki.

Dengan penjelasan tentang definisi dua istilah ilmiah ini, juga perbedaan keduanya, mudah-mudahan bermanfaat.