Inilah 5 Cara Screenshot Samsung Dengan Mudah, Berbagai Tipe

Screenshot atau mengambil tampilan layar handphone adalah fitur standar yang ada di handphone Android.  Fitur sederhana tapi penting, karena hampir setiap orang mengamil screenshot untuk beragam keperluan.  Misalnya untuk status WhatsApp, Instagram, atau untuk mengirim bukti transfer ketika belanja online.

Setiap merk biasanya punya ciri khas tersendiri.  Termasuk juga cara screenshot Samsung yang notabene-nya adalah handphone Android yang paling terkenal.  Mungkin sebagian dari kamu sudah tahu, mungkin juga ada yang belum tahu.

Cara Screenshot Samsung Galaxy

Sebetulnya ada beberapa cara screenshot Samsung yang bisa kamu lakukan.  Apa saja? Kita simak langsung daftar lengkapnya.

1. Screenshot Dengan Tombol

Cara Screenshot Samsung dengan Kombinasi Tombol Home dan Power
Cara Screenshot Samsung dengan Kombinasi Tombol Home dan Power

Ini adalah cara screenshot paling umum, bahkan juga di smartphone Android lain yang non-Samsung.  Untuk melakukan screenshot dengan bantuan tombol shortcut di Samsung, kamu harus melakukan kombinasi tombol. Berikut ini caranya:

  1. Saat kamu berada di tampilan layar yang ingin diambil gambarnya, tekan secara bersamaan tombol power dan tombol home
  2. Penting: tombol harus ditekan dalam waktu yang bersamaan.  Usahakan jangan ada jeda antara menekan kedua tombol tersebut.  Sebab jika tidak bersamaan, bisa dipastikan screenshot gagal.
  3. Jika berhasil, ponsel Samsung akan memberikan respon.  Umumnya untuk screenshot, HP akan berbunyi seperti bunyi kamera atau bergetar.

2. Screenshot Dengan Menyapu Layar

Aktivasi Plam Swipe dan cara screenshotnya
Aktivasi Plam Swipe dan cara screenshotnya

Jika kamu baru menggunakan smartphone merk Samsung, mungkin kamu asing dengan cara screenshot ini.  Samsung menyediakan fitur screenshot dengan menyapu layar yang disebut Palm-Swipe.

Tapi, tidak semua tipe Samsung punya fitur ini.  Kamu hanya bisa menggunakan fitur menyapu layar untuk screenshot ini pada handphone Samsung keluaran tahun 2013 ke atas.  Contohnya, Galaxy Note 3 ke atas.

Untuk bisa menggunakan fitur screenshot dengan menyapu layar, sebelumnya kamu harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu.  Caranya? Mudah saja, cuma perlu beberapa setting-an berikut.

  1. Masuk ke menu Setting di HP Samsung mu
  2. Kemudian, pilih sub menu Motions and Gestures
  3. Pilih Palm Swipe to Capture Box
  4. Selesai

Untuk mengetes apakah fitur ini sudah aktif atau belum, kamu bisa mencoba men-swipe layar handphone-mu dengan bagian telapak tanganmu.  Jika berhasil, maka akan ada response screenshot atau bunyi “cekrekk” seperti ketika memfoto.

Hasil screenshot akan otomatis tersimpan di galeri untuk di-share atau di-unggah ke media sosial.

3. Screenshot Dengan S-Pen di Galaxy Note

Fitur ini ekslusif di Galaxy Note 3 ke atas.  Pasalnya hanya Samsung Galaxy Note yang membawa fitur stylus S-Pen. Berikut ini adalah cara Screenshot Galaxy Note menggunakan S Pen.

Menggunakan Screen Write

Screen Write, Air Command Galaxy Note
Screen Write, Air Command Galaxy Note

Screen write adalah fitur yang memungkinkan mengambil screenshot sekalit memberi sedikit “coret-coretan” di hasil screenshotnya.  Bagamana caranya?

Pertama, aktifkan dulu menu Air Command dengan cara menarik keluar stylus atau dengan mengarahkan S-Pen ke layar, kemudian tekan tombol kecil yang ada di S-Pen.  Kamu bisa menulis di layar dan mengambil gambarnya.

Menggunakan Scrapbooker

Sama seperti sebelumnya, aktifkan dulu Air Command di Galaxy Note.  Kemudian buat gammbar lingkaran di sekitar layar yang ingin diambil screenshot-nya.

Cara Ringkas

Cara screenshot Samsung Galaxy Note menggunakan S-Pen yang paling mudah adalah dengan menekan tombol yang ada di S-Pen selama beberapa detik.  Kemudian, sentuhkan S-Pen ke layar handphone beberapa saat.  Screenshot pun akan diambil dan disimpan secara otomatis di Gallery.

4. Screenshot Dengan Aplikasi Tambahan

Cara ini adalah cara alternatif screenshot di Samsung dan di handphone Android merk lainnya.  Kamu cukup install aplikasi Screenshot dari Google Play Store.  Ada banyak aplikasi yang menyediakan fitur pengambilan gambar layar atau screenshot.

Kamu bisa mencari dengan memasukkan kata kunci screenshot di Play Store.  Cari aplikasi yang punya rating dan review baik dari pengguna, juga lihat jumlah yang pernah mendownload-nya.

Aplikasi ini beragam, dan cara pengambilan gambarnya pun berbeda-beda.  Kamu bisa pelajari ketika setelah menginstall aplikasi tersebut di smartphone mu.

5. Scrolling Screenshot

Fitur Scroll Capture di Ponsel Samsung
Fitur Scroll Capture di Ponsel Samsung

Pernah dengar istilah scrolling screenshot?  Kalau belum berarti kamu layak untuk mencoba fitur ini.

Scrolling screenshot adalah fitur yang sangat berguna ketika kamu ingin men-screenshot sebuah halaman web.  Jika biasanya kamu hanya bisa mengambil gambar layar yang terlihat saja, maka dengan scrolling screenshot kamu bisa ambil keseluruhan halaman.

Scrolling screenshot sangat praktis dan menghemat waktu.  Sebab, kamu perlu melakukan berkali-kali jika mengunakan cara biasa untuk men-screenshot halaman web yang panjang ke bawah.

Lalu bagaimana caranya? Caranya cukup simple dan mudah. Pertama, aktifkan dulu fitur scroll capture di menu SettingAdvanced Features > Smart Capture ( Setelan > Fitur Lanjutan > Smart Capture).

Setelah itu, gunakan salah satu cara screenshot yang paling mudah di atas, misalnya dengan tombol.  Kemudian, pilih opsi scroll capture untuk melanjutkan mengambil gambar.

Gulung layar atau scroll laman web sampai ke bagian bawah agar semua halaman ter-capture seluruhnya.  Handphone Samsung mu akan secara otomatis mengambil gambar lengkap laman web tersebut.

Hasil dari scrolling screenshot ini akan menjadi gambar yang memanjang secara vertikal.  Kamu mungkin harus men-zoom atau men-scroll jika ingin melihat hasil screenshot ini di galeri.

Catatan:  Fitur ini mungkin tidak tersedia di semua tipe handphone Samsung Android.  Sebab, pada awalnya fitur scrolling screenshot baru ada di  versi Samsung Galaxy Note 5.

Rekomendasi
Cara top up mtix tanpa kartu kredit

Akhir Kata

Nah, demikian tadi adalah cara screenshot Samsung yang bisa kamu gunakan untuk mengambil gambar layar smartphone-mu.  Kamu bisa sesuaikan dengan tipe ponsel Samsung yang kamu gunakan.

Mudah-mudahan bermanfaat, dan jangan lupa share atau komen! 😀


Berikan Komentar

Memuat komentar..